Tips Perjalanan Bagi Wanita Hamil

ibu hamil travellingIngin bepergian tapi Anda sedang hamil? Sebetulnya tidak perlu khawatir berlebihan walaupun Anda hamil tapi ingin bepergian, asal beberapa hal dapat Anda persiapkan. Sebab tidak jarang tujuan kita bepergian itu memang penting, walaupun sekedar untuk liburan ringan menghilangkan stress.

Ibu yang terlalu stress juga kurang baik secara psikologis bagi jabang bayi. Jadi rileks dan konsentrasi untuk kesehatan si jabang bayi merupakan langkah penting.

Agar perjalanan Anda bisa menyenangkan dan nyaman saat bepergian, berikut hal-hal sederhana yang perlu Anda perhatikan.

Hamil Bukan Halangan Bepergian

Ya hamil bukan merupakan halaman untuk bepergian, asal kondisi kesehatan memang memungkinkan dan perjalanan memang dipersiapkan menyenangkan. Bukan pada saat bepergian saja, namun juga setelah bepergian hendaknya pikiran terbebas dari stress.

Periksa Kesehatan Terlebih Dahulu

Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk memastikan Anda boleh bepergian atau tidak. Ini bukan semata-mata soal umur kehamilan Anda, melainkan daya tahan tubuh. Setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda semasa kehamilan karena berkaitan dengan ibu dan calon jabang bayinya. Dengarkan nasihat dokter Anda, dan sampaikan pula secara detail cara Anda bepergian, berapa jarak yang ditempuh dan seterusnya. Ini perlu untuk mengetahui pasti kondisi kandungan aman atau tidak digunakan perjalanan tertentu.

Pilihlah Waktu Yang Tepat

Sebagian nasihat mengatakan lakukan perjalanan saat usia kandungan 14 minggu . Dikatakan bahwa masa hamil 14 dan 28 minggu adalah periode terbaik untuk bepergian saat hamil. Tapi intinya Anda perlu melakukan pemilihan waktu yang tepat. Dan jangan lupa soal ini, ketahuilah dengan pasti fasilitas kesehatan di tempat tujuan berlibur atau bepergian itu agar Anda tidak panik bila terjadi sesuatu.

Siapkan Perlengkapan Pengusir Stress

Jelas sekali bahwa kenyamanan harus dinomorsatukan. Karena itu Anda harus mempersiapkan benar-benar perlengkapan yang perlu dibawa dan tidak perlu.  Penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh agar Anda tetap dalam keadaan rileks. Bantal,bahan bacaan, makanan tambahan, air minum, dan mungkin musik-musik ringan perlu dipersiapkan.

Makanan dan Minuman Sehat

Intinya jangan sampai perut kosong ya selama perjalanan. Nanti si kecil dalam perut bisa marah kalau ibunda tidak memberikan makanan. Jadi sarannya, selalu bawa makanan dan minuman sehat, sebab janin harus mendapatkan nutrisi yang cukup. Bawalah makanan dari rumah secukupnya, dan tidak dianjurkan untuk membeli sembarangan di luar karena kandungan gizi dan vitamin yang kurang terjamin.

Have a nice trip ya, semoga sukses selamat sampai tujuan.

Tinggalkan Komentar Anda