Tips Memahami dan Memecahkan Masalah-Masalah Yang Mencemaskan

Saya Mempunyai Enam Pelayan Yang Jujur. Mereka Mengajarkan Semua Hal Kepadaku. Nama Mereka Adalah: Apa, Mengapa, Kapan, Bagaimana, Di Mana, dan Siapa (Rudyard Kipling)

mengatasi masalahApakah formula istimewa dari Willis Carrier yang dianggap mampu mengatasi semua kecemasan? Tidak. Tentu saja tidak!

Kita harus memperlengkapi diri kita untuk menghadapi berbagai macam kecemasan yang bereda-beda jenisnya, dengan mempelajari tiga langkah dasar dari analisis persoalan. Ketiga langkah tersebut adalah:

  1. Temukan faktanya
  2. Analisa fakta itu dan
  3. Ambil keputusan – dan bertindaklah berdasarkan keputusan itu.

Jelas bukan: ya, dan Aristoteles telah pula mengajarkannya dan melakukannya! Anda dan saya harus menggunakannya pula apabila kita ingin mengatasi kesukaran yang mengganggu kita dan membuat hidup kita sehari-hari bagaikan dalam neraka.

Marilah kita mengambil langkah pertama: temukan faktanya. Mengapa begitu penting untuk menemukan fakta-faktanya? Sebab apabila kita tidak dapat menemukan fakta-fakta itu tak mungkin kita dapat berusaha untuk mengatasi persoalan kita dengan baik. Tanpa fakta, apa yang bisa kita lakukan hanyalah mengambang dalam keragu-raguan.

Apa yang bisa kita lakukan? Kita harus dapat membebaskan emosi dari pikiran kita dan seperti apa yang telah dikatakan oleh Dekan Hawkes: “Kita harus mengumpulkan fakta dengan adil dan seobyektif mungkin.”

tips memecahkan masalahTugas tersebut bukanlah tugas yang ringan di saat kita sedang dicekam kecemasan. Karena di saat kita cemas, emosi kita menanjak jauh di atas. Tetapi ada dua cara yang telah saya temukan untuk membantu di saat kita sedang berusaha untuk menghindarkan kesulitan, dalam usaha melihat fakta-fakta secara jelas dan obyektif.

  1. Apabila sedang berusaha untuk mendapatkan fakta-fakta, saya bertindak seolah-olah saya mengumpulkan informasi bukan untuk saya sendiri tetapi untuk orang lain. Hal tersebut menolongku memandang persoalan tersebut dengan adil dan kepala dingin,dan sekaligus menolongku mengurangi gejolak emosi.
  2. Apabila sedang berusaha mengumpulkan fakta-fakta di sekitar persoalan yang begitu men-cemaskan, kadang-kadang saya berpura-pura bertindak sebagai pengacara yang sedang menyiapkan argumentasi di seberang sana. Dengan kata lain, saya mencoba untuk mendapatkan fakta-fakta untuk melawan diriku sendiri. Semua fakta yang melukai harapanku, semua fakta yang tak ingin kuhadapi.

Cobalah beri jawaban yang jujur pada pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

(Cobalah isi dengan pensil ruang kosong di bawah ini dengan jawaban yang sejujurnya)

  1. Apa yang saya cemaskan?
  2. Apa yang harus saya lakukan?
  3. Inilah yang akan saya kerjakan!
  4. Kapan saya akan mulai melakukannya?

Tips: Jawablah dengan jujur dan apa adanya …

Salam bahagia selalu dari nggak.com

Tinggalkan Komentar Anda