Serba Serbi Minum Kopi, Dampak Positif Negatif Kopi bagi Kesehatan Tubuh Anda

minum-kopiBagi Anda penikmat kopi, tiada yang lebih nikmat selain meminum kopi khususnya pas cuaca lagi dingin. Apalagi kalau juga ditemani dengan cemilan kesukaan Anda, bisa pisang goreng atau roti. Kopi memang banyak penikmatnya dan rasanya begitu banyak orang di sekeliling kita yang menyukai minuman hitam ini.

Kopi diyakini bermanfaat untuk mengatasi rasa kantuk sebab terdapat kandungan kafein di dalamnya. Hanya saja sebaiknya kita tidak membiarkan tubuh kita menjadi pecandu kafein, sebab walaupun kafein banyak manfaatnya, juga mengandung akibat negatif bila terlalu banyak dikonsumsi apalagi bila sampai kecanduan.

Tanda Kecanduan Kafein

Ada beberapa tanda kalau orang sudah kecanduan kafein, di antaranya adalah:

  1. Ingin minum terus, rasanya pikiran terfokus pada kopi, maupun minuman berkafein lainnya seperti soda
  2. Jantung sering berdebar-debar bila terlalu banyak minum kopi, sebab kadar kafein bisa mempengaruhi susunan saraf otak, dan juga kafein bisa meningkatkan tekanan darah.
  3. Air kencing berwarna kuning gelap, sebab kopi bersifat diuretik yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan memicu kita mengeluarkan banyak jumlah urin dan , mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan. Batasi konsumsi kopi maksimal dua gelas setiap harinya.
  4. Tangan berkeringat, jantung berdebar disertai perasaan gelisah merupakan tanda overdosis kafein. Sebab kafein bisa dapat bertindak sebagai stimulan yang memicu kelenjar adrenal yang meningkatkan denyut jantung dan membuat mudah cemas
  5. Kebanyakan minum kopi menyebabkan perut mulas dan mual karena kafein sendiri meningkatkan produksi asam di lambung.
  6. Kebanyakan minum kopi menyebabkan halusinasi, yakni seolah mendengarkan suara aneh atau melihat sosok yang sebenarnya tidak ada.
  7. Konsumsi kopi terlalu banyak menyebabkan sakit kepala, insomnia, keringatan. Kopi meningkatkan produksi keringat karena kafein merangsang sistem saraf pusat, yang mengaktifkan kelenjar keringat.

 

Dampak Negatif dan Positif Minum Kopi

Selain kopi memiliki efek negatif, efek positif juga terdapat dalam kopi, di antaranya adalah:

  1. Minuman kopi merupakan antioksidan yang efektif. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisasi radikal bebas dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak.
  2. Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah sebutannya alz-zhai-me, sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan teruknya sehinggakan pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri (wikipedia.com)
  3. Mengurangi resiko terkena penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson (paralysis agitans) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson.
  4. Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, di mana kandungan kafein membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin.
  5. Kopi adalah diuretic yang baik.
  6. Kopi membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal.
  7. Membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.

Kopi Bikin Panjang Umur?

minum-segelas-kopiAda kabar bagus buat para penikmat kopi. Para peneliti Amerika menemukan orang yang berumur panjang adalah mereka yang meminum satu atau dua kopi setiap hari. Tapi tidak menggunakan susu dan gula. Mereka yakin kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko kematian akibat diabetes, jantung koroner, atau pemicu tingginya kolesterol.

Dalam penelitian di New England Journal of Medicine, dibandingkan orang-orang yang jarang minum kopi, seseorang yang minum kopi memiliki 10 dan 15 persen risiko kematian dini lebih rendah.

Minum Kopi sebelum Olahraga

Makanan dan minuman tertentu bisa memaksimalkan usaha keras Anda saat berolahraga. Karena itu ada yang menyarankan untuk mengonsumsi kopi sebelum melakukan aktivitas fisik. Bahkan minum kopi akan membantu Anda menyukseskan program diet, serta membuat Anda jauh semakin sehat.

Dikatakan bahwa kopi tak hanya memberikan peningkatan energi, melainkan juga peningkatan fokus mental juga. Dan hal itu membuat olahraga semakin produktif dan efektif. Bahkan kopi bisa mengurangi nyeri otot. Hasil penelitian dari University of Illinois menyatakan minum kopi sebelum berolahraga bisa mengurangi risiko nyeri otot.

Selain itu juga bisa meningkatkan performa. Laporan dalam Sport Medicine menyebutkan kafein menjadi dopping banyak atlet untuk memiliki energi yang cukup sebelum bertanding. Lalu ada penelitian lain dalam British Journal of Sport Science menyatakan orang yang meminum kopi mampu menyelesaikan lari di atas treadmill 4,2 detik per 1.500 meter lebih cepat daripada mereka yang tidak minum kopi.

Kopi merupakan minuman dengan antioksidan yang tinggi, jadi membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Urinary Incontinence

Menurut sebuah penelitian, seeorang yang mengonsumsi kira-kira dua cangkir sehari lebih mungkin menderita urinary incontinence dibandingkan dengan yang lebih sedikit. Urinary incontinence adalah hilangnya kendali terhadap kandung kemih. Hal ini ditunjukkan dari mulai tidak mampu menahan kencing pada saat batuk/bersin, sampai buang air yang tidak tertahankan secara tiba-tiba.

Dalam laporan Dailymail.co.uk, studi baru itu menunjukkan kafein dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk kondisi tersebut. Para peneliti melihat orang yang memiliki urinary incontinence dikaitkan dengan jumlah kafein yang mereka makan atau minum. Mereka menyatakan seseorang yang makan atau minum 234 miligram kafein (sekitar 2 gelas kopi) dalam sehari, 72 persen lebih mungkin berisiko urinary incontinence sedang hingga parah.

Urinary incontinence sendiri bukanlah sebuah penyakit, tetapi ini gejala akibat kebiasaan sehari-hari, misalnya karena minum alkohol, kelebihan cairan tubuh, kurang cairan tubuh, kafein, iritasi kandung kemih dan karena obat-obatan.

Inti dari artikel ini adalah secukupnya saja minum kopi agar tetap bisa normal dan seimbang manfaatnya bagi tubuh 🙂

Sumber: Berbagai Referensi dari Internet

Tinggalkan Komentar Anda