Sejarah Singkat Negara Asia Tengah: Afghanistan

Sebagai negara yang terletak di Timur  tengah, maka Afghanistan merupakan sebuah negara yang panas. Letaknya berdekatan dengan negara Iran. Iran merupakan negara tetangga Pakistan. Perbatasan dengan Iran ada di sebelah Selatan dan Timur.

afghanistanPada bagian utara sendiri, Pakistan berbatasan dengan Turkmenistan, Izbekistan dan Tajikistan. Saat ini penduduk di Afghanistan berjumlah 35 juta orang, masuk dalam rangking ke 39 di dunia. Afghanistan mempunyai ibukota di Kabul. Saat ini penduduk yang tinggal di sana diestimasi 1,5 juta orang.

Afghanistan merupakan sebuah negara dengan pengalaman perubahan nama yang panjang. Nama pertama dari Afghanistan diperoleh dari nama kuno, yaitu Ariana yang artinya Tanah Aryan. Menurut Para sarjana di Afghanistan, nama tersebut menyebar sampai pada Iran Kontemporer.

Inggris memberi nama Afghanistan ketika masuk periode abad 19. Pada 2003 Taliban jatuh setelah invasi Amerika Serikat. Setelah itu Afghanistan secara resmi diganti dengan nama Republik Islam Afghanistan.

Di Afghanistan, pertanian dan ternak adalah perekonomian yang menjadi andalan utama. Kondisi inilah yang membuat negara Afghanistan sampai saat ini masih belum maju. Ketidakmajuan di Afghanistan ini banyak dipengaruhi oleh masalah militer yang berkepanjangan. Sampai saat ini, kondisi penduduk di Afghanistan masih sangat memprihatinkan.

Banyak penduduknya menderita kekurangan makanan, pakaian langka, tidak mempunyai rumah, perawatan medis tidak mencukupi dan masalah lainnya yang semakin memperburuk kondisi Afghanistan.

Tinggalkan Komentar Anda