Rutinitas Positif yang bisa Dilakukan Menjelang Tidur Setiap Malam

Ingin beristirahat dengan tidur? Agar tidur Anda lebih nyaman tanpa dibebani dengan tugas-tugas menumpuk, ada baiknya Anda membuat beberapa persiapan atau rutinitas ringan. Sebelum Anda menuju ke tempat tidur setiap malam, sebaiknya sisihkan sedikit waktu untuk melakukan persiapan untuk keesokan harinya. Dengan begitu Anda merasa lebih puas karena sudah mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan besok secara terorganisir. Tidur Anda bisa lebih nyenyak tanpa beban pikiran pekerjaan rutin sehari-hari. Selain itu Anda juga bisa menjadi jauh lebih bahagia jika bisa melakukan beberapa hal berikut:

Membaca untuk Anak-Anak

Tidak peduli seberapa sibuk hari Anda, sebaiknya mulai Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk membaca bersama dengan anak-anak Anda setiap malam. Menemani mereka sebelum tidur di tempat tidur dengan membaca cerita-cerita ringan merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas kebersamaan dalam keluarga. Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan imajinasi dan pengetahuan anak, juga mendorong mendorong minat baca dalam keluarga Anda. Ini dalat dilakukan di tempat tidur, di ruang tamu atau ruang keluarga. Luangkan sekitar 30 menit saja sudah cukup. Si pembaca bisa bergantian, bisa Ayah, Ibu, atau anak-anak Anda sendiri.

Tata Kebutuhan Baju untuk Esok

Menjelang tidur biasanya yang kita ingat adalah, pakai baju apa besok? Agar waktu Anda esok hari lebih ringkas dan efektif tidak ada salahnya menyiapkan seluruh keperluan esok khususnya baju, sepatu, dan asesori lainnya. Sebab setiap anak dan juga Anda tentunya harus memilih apa yang akan dipakai besok menyesuaikan dengan jenis aktivitas yang akan dilakukan: Bekerja, kuliah, sekolah, berlibur, bepergian dan lainnya.

Mencicil Cucian Agar Tak Menumpuk

Pusing karena setiap liburan cucian Anda menumpuk? Anda bisa mencicil cucian Anda dengan cara mengumpulkan pakaian kotor untuk dimasukkan mesin cuci setiap malam. Menyicil cucian sepanjang minggu akan membebaskan Anda memiliki waktu ekstra di akhir pekan untuk bersantai atau menikmati sesuatu yang menyenangkan.

Membuat Daftar Tugas Esok

Memiliki daftar tugas dalam sebuah jurnal harian mini cukup membantu Anda mengorganisasikan beragam pekerjaan esok hari. Tuliskan hal-hal kecil khusus yang terjadi hari itu dan rencanakan khusus untuk hari, atau boleh juga 2-3 hari ke depan. Menuliskan beberapa hal dalam kehidupan Anda dapat menjadi pengingat dari semua aktivitas Anda dan bisa terencana dengan baik. Memang untuk memulainya cukup susah karena Anda bisa berpikir membosankan atau malas. Tapi bila sudah rutin itu akan terbiasa dalam hidup Anda.

Coba Bersantai dan Mencari Angin Segar

Gunakan setidaknya 10-15 menit setiap malam sebelum Anda pergi ke tempat tidur untuk bersantai dan mencari angin segar di teras rumah. Anda bisa jalan-jalan ringan memeriksa halaman depan, memeriksa tanaman atau bagian-bagian rumah Anda. Kegiatan ini akan dapat membantu mengurangi stres serta meningkatkan mood Anda secara keseluruhan dan sikap.

Bisa juga Anda bermeditasi, melakukan sedikit yoga, menonton TV atau melakukan sesuatu yang lain yang Anda nikmati. Anda akan melihat bahwa hanya beberapa menit dari waktu relaksasi Anda setiap hari secara rutin dapat membuat perbedaan besar dalam hidup Anda.

# Hindari Ini Sebelum Tidur

Ya sebaiknya hindari melakukan hal ini karena justru besok bangun nggak segar lagi. Jadi selain beberapa yang disarankan di atas, ada baiknya Anda menghindari beberapa hal berikut ini sebelum tidur.

  1. Memeriksa Gadget. Facebook, Twitter akan membuat Anda terhubung dengan dunia luar. Sebaiknya hindari periksa gadget menjelang tidur, takutnya keasyikan dan lupa fokus kita untuk tidur.
  2. Makan dan terlalu banyak minum. Makan menjelang tidur akan membuat berat badan bertambah. Dan tidur dalam kondisi kenyang juga sebaiknya dihindari sebab kinerja tubuh jadi tidak seimbang. Selain itu kafein dan alkohol jelas dapat merusak tidur. Bahkan terlalu banyak minum air putih 1-2 jam sebelum tidur pun dapat mengganggu tidur karena Anda justru di malam hari untuk sering kencing.
  3. Nonton Film Horor. Film horor karena akan membuat aktivitas otak Anda meningkat. Jadi nggak tidur malah terbayang wajah hantunya ya hehe
  4. Minum Kopi. Sebaiknya Anda tidak meminum kopi karena kopi bisa membuat Anda sulit tidur. Kerja jantung Anda akan meningkat dan jadinya Anda nggak mengantuk, dan malah nggak bisa tidur.
  5. Berolahraga. Olahraga adalah aktivitas vital bagi kesehatan, tapi kalau menjelang tidur sebaiknya dihindari setidaknya 3 jam sebelum tidur. Olahraga dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat proses tidur lebih sulit.
  6. Masih bekerja. Sebaiknya apapun pekerjaan Anda, tunggulah sampai pagi hari tiba. Melakukan pekerjaan sebelum tidur akan merangsang otak dan menyebabkan stres dan dapat merusak kualitas tidur.
  7. Bertengkar. Jangan tidur dalam kondisi galau karena marah. Riset membuktikan bahwa langsung tidur setelah bertengkar akan mempengaruhi emosi yang terus berlanjut hingga bangun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *