Resep “Nenek” Jika si Kecil Panas

anak panas demamTahukah Anda berapa kali anak-anak sakit panas dalam satu tahun? Jawabnya adalah sekitar 10-12 kali. Apakah sebanyak itu pula Anda membawa si kecil ke dokter? Tunggu dulu, jika si kecil hanya terserang panas biasa mungkin tips berikut bisa membantu

Beri ‘resep nenek’

Obat tradisional ternyata jauh lebih aman bagi anak di bawah 4 tahun. Buka kembali resep dari nenek seperti madu dan kunyit. Madu dipercaya (dan telah dibuktikan dalam penelitian) mampu mengurangi batuk pada anak sedangkan bila dicampurkan dengan perasan kunyit dapat digunakan untuk menurunkan panas.

Beri makanan/minuman hangat

Anak Anda susah makan ketika sakit? Itu wajar. Anda tidak perlu memaksanya makan sesuai porsi biasanya. Infeksi yang terjadi dalam tubuh menurunkan kemampuan tubuh mencerna makanan. Hal inilah yang membuat si kecil kehilangan selera makan. Agar asupan si kecil tetap terjaga coba beri makanan dan minuman yang hangat seperti sup ayam dan air jeruk hangat. Jika sakit panas diikuti radang tenggorokan, Anda perlu membuat makanan yang lebih lumat dari biasanya.

Ajak tidur

Setiap orang tua pasti tahu bahwa tidur dapat mengurangi sakit karena dengan itu si kecil beristirahat. Untuk itu, tingkatkan kuantitas tidur si kecil ketika dia sakit. Si kecil perlu lebih banyak di rumah daripada main di luar agar terhindar dari aktivitas berat. Istirahat dan tidur sangat penting untuk penyembuhan.

 

Tinggalkan Komentar Anda