Menjadikan Kesalahan sebagai Inspirasi untuk Belajar

belajar dari kesalahan

Manusia tempat salah dan dosa. Setiap orang pasti melakukan kesalahan. Yang terpenting adalah bagaimana memperbaiki kesalahan jika sudah terjadi. Beberapa kesalahan seringkali lebih signifikan dibandingkan lainnya dan lebih sulit untuk diperbaiki. Tetapi melakukan kesalahan adalah bagian dari kehidupan. Bagaimanakah individual menangani kesalahan itulah yang menjadi hal terpenting bagi kepercayaan diri mereka. Anak-anak yang dari awal diajari untuk mengakui kesalahan dan memahami bahwa itu bukanlah sebuah kejahatan adalah sebuah pelajaran penting bagi anak-anak. Mereka mengakui bahwa kesalahan tersebut dilakukan dan mengetahui itu salah. Dari itu ajari anak-anak untuk memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan.

Proses belajar dari kesalahan akan sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Belajar dari kesalahan memetik hikmah baik adalah sebuah keahlian kehidupan berguna. Keahlian tersebut dibutuhkan oleh setiap orang karena pembelajaran melibatkan resiko. Setiap anak menghadapi resiko dan mereka tidak selalu berhasil dalam hidupnya. Tetapi bila anak anda belajar bertindak dan melakukan kesalahan, kemudian berhasil memperbaiki kesalahan tersebut, maka itulah waktu yang paling tepat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Anak-anak dengan self esteem rendah seringkali menangani kesalahan secara berbeda. lebih sering daripada tidak, anak-anak ini menggunakan pengalaman tersebut untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah lemah, tidak berguna dan sebagainya. Sebagai gantinya melihat kesalahan sebagai alat untuk memperbaiki diri dan kesempatan untuk belajar, anak ini memandang kesalahan sebagai sesuatu yang jelek dan kemudian tidak pernah mencobanya lagi.

Anda sebagai orangtua harus mempunyai peranan penting dalam mendidik anak dalam belajar dari kesalahan. Anda dapat membantu anak-anak mengatasi dan belajar dari kesalahan yang mereka lakukan. Pertama kali pastikan bahwa anda sendiri menyadari kesalahan tersebut dan setiap orang termasukAnda melakukan kesalahan. Kemudian tawarkan cara untuk memperbaiki kesalahan tersebut. kemudian kembangkan cara untuk menangani kesalahan secara positif.

Tinggalkan Komentar Anda