Mengapa Suara Petir Bergemuruh?

Saat ini, hampir setiap hari hujan turun. Tak jarang disertai dengan sambaran kilat. Tak lama berselang setelah kilat yang kita lihat, terdengar suara petir. Sebetulnya dari manakah asal-muasal terjadinya suara petir tersebut?

Adalah kilat yang menyebabkan suara petir. Suara tersebut datang dari udara yang sangat panas di sekitar kilat.

asal-mula-petirKilat yang menyambar bisa menyebabkan udara di sekitarnya menjadi panas. Suhu dari udara tersebut bisa mencapai 10.000 derajat Celcius. Suhu ini bahkan lebih tinggi dari suhu permukaan matahari. Nah, udara yang bersuhu tinggi tersebut kemudian mengalir menjauhi kilat yang menyambar itu. Aliran udara tersebut menghasilkan suara yang kita dengar setelah kita melihat kilat, yang kita sebut sebagai petir.

Mengapa Bergemuruh?

Lalu mengapa kita lebih dulu melihat kilat daripada mendengar petir bergemuruh? Jawabannya adalah karena cahaya berjalan lebih cepat dari suara. Ibaratnya, cahaya berlari sedangkan suara berjalan. Anda bisa berhitung, begitu Anda melihat kilat hitung sampai 5 perlahan-lahan lalu Anda akan mendengar suara gemuruh petir.

Apakah Anda tahu, selama Anda berhitung dari satu sampai lima itu, kilat telah berlari sejauh 1 mil atau 1,6 kilometer? Mengapa demikian? Kilat yang kita lihat memiliki kecepatan 0,2 mil (0,32 kilometer) tiap detiknya.

Jadi, jika Anda mendengar petir 15 detik setelah Anda melihat kilat, sudah berapa jauhkah kilat tersebut?

Tinggalkan Komentar Anda