Manfaat Tidur bagi Kesehatan Anda

Tidur sering diremehkan orang. Dikira tidur merupakan fase istirahat biasa. Padahal dalam tidur diketahui banyak terkandung manfaat kesehatan yang tidak sedikit. Tidur merupakan bentuk isitirahat bagi organ-organ tubuh untuk mencapai pemulihan agar bisa kembali bekerja secara optimal.

manfaat-tidurTapi apakah semua tidur memiliki manfaat untuk kesehatan? Ternyata nggak ya … tidak semua jenis tidur bermanfaat, justru malah merugikan kesehatan. Misalnya kebanyakan tidur justru akan menimbulkan gangguan kesehatan yang tidak ringan.

Lalu kita mengenal tidur yang berkualitas. Yaitu jenis tidur sangat lelap yang bisa membuat organ-organ tubuh benar-benar beristirahat. Ada juga, walaupun seseorang tidur sangat lama, namun karena faktor “lelap” nya kurang, tidurnya justru makin membuat tubuh tidak segar saat bangun.

Artinya panjang pendeknya waktu tidur nggak selalu berkaitan dengan kualitas tidur seseorang. Apalagi di era teknologi dan dunia yang serba cepat ini kenyataannya tidak semua orang bisa memiliki jam tidur secara penuh.

Lalu sekarang bagaimana dampak, manfaat atau korelasi tidur dengan kesehatan seseorang? Berikut ini yang bisa dirangkum dari berbagai sumber dari internet.

Resiko stroke karena kurang tidur

Kurang tidur bermanfaat kurang baik bagi kesehatan. Standar waktu tidur lebih kurang antara 6-8 jam dalam sehari. Kurang dari itu kerap dikaitkan dengan meningkatnya resiko stroke, walaupun pada mereka yang tidak berpotensi menderita stroke sekalipun. Pendeknya jam tidur tersebut konon akan membuat tekanan darah meningkat atau mengubah hormon tertentu. Hal itulah yang dikatakan sebagai resiko menimbulkan serangan stroke.

Serangan jantung karena kebanyakan tidur

Bila kurang tidur bisa menyebabkan potensi serangan stroke, sebaliknya kebanyakan tidur justru berpotensi mengundang serangan jantung. Berdasarkan suatu penelitian pada Maret 2012, mereka yang kebanyakan tidur, atau tidur lebih dari 8 jam di malam hari justru berisiko tinggi mengalami gangguan kardiovaskular, termasuk stroke, gagal jantung kongestif dan serangan jantung. Karena itu soal tidur sebaiknya tidak perlu belebihan atau kekurangan, yang normal-normal saja.

Pola makan terganggu karena terlalu sedikit jam tidur

Terlalu sedikit waktu tidur akan mengakibatkan pola makan terganggu. Hal itu akan mengakibatkan gangguan tertentu bagi kesehatan. Memang sudah lama para pakar tahu soal ini, bahwa sedikit tidur akan menyebabkan kenaikan berat badan. Para peneliti menemukan alasannya, yakni salah satu bagian otak konon akan membantu menentukan pilihan makanan yang dipengaruhi oleh sedikit banyaknya jam tidur seseorang. Logisnya, kurang tidur akan membuat seseorang sulit memilih jenis makanan sehat,

Pengaruh terhadap kekebalan tubuh akibat kurang tidur

Ada penelitian yang menemukan bahwa ternyata jumlah sel darah putih menjadi naik turun ketika seseorang hanya memiliki sedikit jam tidur. Itu artinya tidur sangat mempengaruhi tingkat kekebalan tubuh. Tidur yang kurang akan mengurangi tingkat kekebalan tubuh seseorang sehingga mudah diserang penyakit.

Mengabaikan tidur untuk belajar terlalu banyak berakibat nilai tidak makin bagus

Bila Anda akan menghadapi ujian esok hari, lalu memforsir diri untuk belajar habis-habisan di malam hari, nyatanya studi membuktikan hal tersebut tidak banyak membantu. Justru yang terjadi kerap adalah kegagalan seseorang menghadapi ujian tersebut. Artinya, istirahat yang cukup untuk menghadapi sesuatu esok hari lebih penting daripada memaksa diri tidak cukup tidur untuk belajar. Begadang semalaman ternyata lebih banyak tidak memberikan hasil memuaskan. Ini didukung dengan adanya penelitian yang menemukan kalau semakin banyak waktu tidur yang dibuang saat menghadapi ujian kerap justru menghasilkan sebaliknya.

Kecemasan akibat kurang tidur

Sebuah penelitian pada Juni 2012 menemukan jam tidur yang kurang dapat menimbulkan kecemasan. Artinya tidur juga bermanfaat untuk mengontrol emosi yang sehat. Nyatanya tidur yang kurang justru akan menimbulkan dampak pada emosi seseorang.

Referensi: Detik.com

Tinggalkan Komentar Anda