Kesehatan Pendengaran saat Mendengarkan Musik Pakai Earphone

Banyak orang sekarang tidak dapat dipisahkan lagi dengan musik. Orang-orang menggunakan mp3 player ataupun iPod setiap hari. Ini menimbulkan trend menarik di mana orang-orang suka mendengarkan musik non stop. Mereka mendengarkan musik di manapun berada, mulai di rumah, sekolah, bus, mobil, saat bekerja atau saat bersantai di rumah. Ada banyak penelitian tentang pengaruh positif musik terhadap seseorang.

Studi telah menunjukkan earphone kecil yang ditempatkan di dalam telinga mempunyai kekuatan sembilan decibel lebih besar dibandingkan dengan musik yang ditempelkan di luar telinga. Juga penting bahwa tipe earphone yang tepat dapat menghalangi suara kebisingan. Sementara belum diketahui seberapa besar mereka mendengarkan dengan earphone namun demikian beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang usia 18 sampai dengan 54 tahun mendengarkan musik sangat keras. Karena kerasnya musik tersebut sehingga mempunyai potensial untuk menimbulkan kehilangan pendengaran dalam jangka panjang.

Dalam mendengarkan musik anda tidak dapat mengukur level decibel dari mp3 player. Akan tetapi anda dapat mendengarkan suara anda terlalu keras jika volume sudah mencapai 60 persen dari maksimum. Oleh karena itu anda tidak dapat mendengarkan percakapan yang ada di sekitar anda. Orang lain dapat mendengarkan musik anda. Atau anda merasa diteriaki orang atau orang berbicara keras di dekat anda.

Anda tidak perlu menghentikan penggunaan mp3 player. Sebagian besar orang tidak akan mau bila disuruh menghentikan penggunaan mp3 player. Yang terpenting adalah anda harus yakin bahwa pendengaran anda sehat. Perhatikan hal di atas untuk memastikan bahwa anda mempunyai telinga sehat dan juga dapat menikmati musik non-stop.

Tinggalkan Komentar Anda