Kenali 7 Tanda Penting pada Wadah Plastik untuk Kesehatan Anda

wadah plastikBegitu banyak wadah makanan yang terbuat dari plastik yang beredar di pasaran. Orang-orang cenderung memilih plastik karena sifatnya yang ringan, praktis, tidak mudah pecah, dan murah. Jika Anda penggemar perabotan plastik, pastikan Anda telah memilih wadah plastik yang aman bagi kesehatan Anda. Cara paling mudah untuk mengenali wadah tersebut adalah dengan membaca simbol di bagian dasar. Berikut keterangan lebih lanjut.

PETE atau PET (#1)

Bahan ini biasanya dipakai untuk botol plastic yang jernih/transparan/tembus pandang. Plastik jenis ini banyak dijumpai pada botol air mineral dan gelas jus. Sebaiknya plastik ini digunakan hanya satu kali dan jangan dipakai untuk air hangat bahkan panas. Langsung buang plastik dengan tanda ini jika Anda menemukan goresan.

HDPE (#2)

Dipakai untuk bptol susu yang berwarna putih susu. Sama seperti plastic jenis PETE atau PET, botol dengan tanda HDPE sebaiknya hanya dipakai sekali.

V (#3)

Hati-hati jika Anda menemukan wadah plastic dengan tanda V karena mengandung zat PVC (polyvinyl chloride). Plastik jenis ini sangat sulit didaur ulang. Biasanya ditemukan pada plastic pembungkus.

LDPE (#4)

Barang-barang plastik nomor 4 (LDPE) biasanya ditemukan pasa botol-botol yang lembek. Plastik jenis ini mamang tidak mudah dihancurkan namun baik untuk makanan.

PP (#5)

Adalah bahan terbaik untuk wadah makanan plastik. Carilah symbol ini jika Anda memilih wadah makanan plastik karena bayi Anda sekalipun dapan menggunakannya.

PS (#6)

Plastik dengan tanda ini biasanya banyak dijumpai pada sterofoam. Bahan ini tidak dianjurkan dipakai untuk wadah makanan karena berbahaya bagi kesehatan. Di Amerika penggunaan sterofoam sudah dilarang.

OTHER (#7)

Hindari pula wadah plastik dengan simbol bertuliskan OTHER karena bahan ini dapat mengeluarkan Bisphenol-A yang dapat merusak sistem hormon.

Menggunakan wadah plastik memang memudahkan kita karena sifatnya yang ringan. Plastik juga mudah dijangkau karena harganya murah. Namun, kita perlu melihat simbol yang tertera pada wadah plastik jika kita menggunakan wadah tersebut untuk makanan.

1 Comment

Tinggalkan Komentar Anda