Karbohidrat = Tenaga?

karbohidrat

Karbohidrat adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi ‘makanan’. Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dipecah menjadi glukosa yang memberi makan otot-otot sehingga menghasilkan tenaga. Tenaga tersebut kemudian kita gunakan untuk beraktivitas. Sekarang, pertanyaannya adalah apakah tubuh akan kehabisan tenaga jika tidak mengkonsumsi karbohidrat?

Dalam sebuah eksperimen yang diadakan di Amerika, terdapat beberapa penebang tebu yang tebagi menjadi tiga kelompok. Sebelum menebang tebu, kelompok yang pertama diberi minuman bercampur karbohidrat. Lalu, kelompok kedua hanya diberi minuman biasa tanpa campuran apapun sedangkan kelompok ketiga diberi minuman yang sama dengan kelompok pertama namun mereka hanya boleh mengumur tanpa menelan. Kemudian mulailah ketiga kelompok tersebut menebang tebu dengan luas area yang sama, yaitu 100 meter persegi.

Tiap lima belas menit, masing-masing kelompok kembali diberi minuman sesuai peraturan. Kelompok pertama dengan minuman karbohidrat, kedua tanpa karbohidrat, dan ketiga berkumur dengan minuman karbohidrat. Kemudian mereka melanjutkan perkerjaan mereka.

Pada 30 menit awal, kelompok pertama  lebih unggul dari kedua kelompok lain. Mereka dapat menebang hampir separuh lahan yang seharusnya ditebang hanya dalam waktu setengah jam. Mereka juga mampu mengikat tebu dengan jumlah yang lebih banyak dari kedua tim yang lain. Namun, hasil berbalik ketika waktu hampir habis. Taukah Anda siapa pemenangnya?

Ya, pemenangnya adalah kelompok ketiga. Kelompok yang hanya berkumur dengan air karbohidrat. Mereka mampu menandingi kelompok pertama yang disuplai karbohidrat secara berkala.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Bukankah tubuh kita memerlukan karbohidrat untuk menghasilkan tenaga?

Hanya dengan berkumur karbohidrat ternyata mampu memberi stimulasi saraf yang terdapat dalam mulut bahwa ada karbohidrat yang masuk. Saraf tersebut mengirim pesan kepada otak sehingga tubuh memproduksi makanan baru yang tersalurkan pada otot.

Dari mana otot memperoleh makanan? Tanpa asupan karbohidrat secara berkala tenyata tubuh kita telah menyimpan cadangan makanan. Nah, cadangan inilah yang digunakan untuk memproduksi tenaga. Karena itulah, hanya dengan stimulus yang diberikan kepada saraf dalam mulut, tubuh kita mampu menghasilkan tenaga tak jauh besar dari tenaga dengan asupan karbohidrat.

Jadi, jangan khawatir lemas tak bertenaga jika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat terus-menerus.

Tinggalkan Komentar Anda