Gangguan Tidur Akibat Kebanyakan Nonton Televisi

gangguan tidurMenyuruh anak-anak tidur cepat, dan tidak menonton televisi hingga larut malam, ternyata ada gunanya. Hal itu bisa menghindarkan anak-anak dari gangguan tidur. Sebab anak-anak yang kelamaan menonton televisi terganggu tidurnya. Entah kurang nyenyak tidur atau mengigau akibat tontonan seram.

Hal tersebut terungkap dari hasil penelitian Knights of Columbus Developmental Centre, Saint Louis, Amerika Serikat. Seperti dikutip jurnal American Academy of Pediatrics, anak-anak yang kelamaan menonton televisi kurang nyenyak tidurnya, dan sering mengigau di kala tidur. Tidak jarang mereka terbangun di malam hari.

Besarnya minat anak-anak menonton televisi, menurut Dr. Judith Owens dari Bagian Psikiatri Anak dan Keluarga, Rumah Sakit Anak Hasbro Providence, Rhode Island, Amerika Serikat, karena lebih dari 76% anak-anak TK menganggap menonton televisi sebagai bagian kehidupan mereka sebelum tidur. Karena butuh televisi, maka 26% di antara responden memiliki televisi di kamar tidurnya. Sedangkan sisanya menonton televisi di ruang tamu atau ruang keluarga sampai tertidur di sofa.

Hasilnya, sekitar 40% dari mereka mengalami masalah tidur. Di antaranya malas beranjak ke tempat tidur dan tak mengantuk, meski waktu tidur telah tiba. Sedangkan 15,6% dari responden merasa kurang tidur selama dua malam dalam sepekan.

Pengaruh Kriminal

Hasil ini melengkapi hasil penelitian tentang bahaya menonton televisi bagi anak-anak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa menonton televisi berkaitan dengan depresi, kecemasan, dan perilaku kriminal serta obesitas alias kegemukan. Ini bisa dimaklumi, karena film-film televisi lebih banyak menonjolkan segi kekerasan yang mempengaruhi kejiwaan anak-anak.

Banyak orang tak tahu bahwa gangguan tidur berhubungan erat dengan menonton televisi. Memang terkadang orang tua tidak mampu melarang dan segera mematikan televisi, namun sebaiknya orangtua mengganti kebiasaan menonton televisi dengan membaca buku atau majalah.

 

Tinggalkan Komentar Anda