Dengarkan Anak Anda dengan Penuh Perhatian

Kadang-kadang berkomunikasi dengan anak menjadi sesuatu yang sulit. Anak-anak seringkali tidak mendengarkan kita; mereka merasa juga kita tidak mendengarkan mereka. Oleh karena itu keahlian dalam mendengarkan apa yang disampaikan anak adalah sangat penting sebagai orangtua. Pemikiran, perasaan dan pandangan anak anda adalah hal penting jadi anda harus memastikan bahwa anda mendengarkan mereka secara perhatian dan membahasnya secara terbuka dan penuh perhatian.

Jangan biarkan kebiasaan bereaksi ditunjukkan kepada anak. Berilah dia respon yang baik. Kita harus menyampaikan keputusan didasarkan pada pengalaman dan perasaan kita sendiri. Merespon dalam hal ini berarti menerima perasaan dan emosi anak-anak dan membiarkan mereka berekspresi secara terbuka dan jujur tanpa merasa takut bahwa kita akan memarahi mereka. Anak-anak juga akan lebih menghargai anda jika anda dapat memahami apa yang dirasakan.

Anak-anak harus diberi perhatian secara penuh. Ketika mendengarkan anak pusatkan perhatian kepada anak tersebut tanpa terganggu oleh hal-hal lain seperti suara televisi, membaca dan sebagainya. Lakukan kontak mata dengan anak-anak dan bersikaplah tenang. Setelah mengetahui permasalahan dengan benar maka berilah solusi terhadap masalah yang dihadapi.

Anak-anak mempunyai rasa tertekan marah dan kecewa. Biarkan mereka mengungkapkan perasaaan tersebut. Sekali lagi dengarkan anak-anak anda, dan tanyakan peraturan-peraturan untuk mengetahui mengapa mereka merasakan seperti itu.

Pada waktu tertentu anak-anak mengalami situasi sulit. Dengarkanlah secara aktif dan perhatikan apa yang disampaikan. Ini menunjukkan bahwa kita perhatian kepada mereka.

Tinggalkan Komentar Anda