Cara Menghargai Keunikan Anak Anda

Setiap anak mempunyai keunikan tersendiri. Setiap anak mempunyai keunikan dalam merasakan, memikirkan, dan berinteraksi dengan orang lain. Beberapa anak pemalu, sementara lainnya tidak, beberapa anak aktif sementara lainnya tenang, beberapa sulit untuk melupakan peristiwa sementara lainnya mudah melupakan peristiwa.

Sebagai orangtua yang harus menyayangi dan merawat anak, adalah pekerjaan Anda untuk mendorong mereka menggunakan keuangan nikan tersebut dan menggunakannya untuk kualitas individual. Biarkan anak-anak Anda mengekspresikan diri melalui ketertarikan mereka. mereka mungkin menemukan kreativitas dalam teater, menari ataupun seni.

Anak-anak perlu diajari untuk membuat pilihan positif, dan berilah pujian karena ciri-ciri positif, perilaku dan sikap yang mereka miliki. Dorong mereka untuk terus aktif terlbiat dalam masyarakat, dan perkenalkan kepada mereka aktivitas-aktivitas yang mendorong rasa kerjasama dan prestasi.

Orangtua harus tegas tetapi adil dalam menangani disiplin atau perilaku salah, dan pastikan bahwa aturan dan konsekuensinya disampaikan secara jelas. Tunjukkan sikap kooperatif, cinta dan perhatian dengan pasangan Anda ketika memberikan tindakan disipliner.

Keunikan yang dimiliki anak-anak perlu diperhatikan dan dihargai. Ingat bahwa anak Anda adalah individual. Biarkan anak Anda mempunyai kesukaan dan perasaan pribadi  yang mungkin berbeda dengan diri Anda.

Terakhir dorong anak Anda untuk menjadi diri sendiri dengan melakukan hal sama. Tunjukkan kepada anak-anak Anda bagaimana untuk membuat pilihan positif dengan pilihan yang Anda buat dan bahwa tidak ada orang sempurna dan Anda juga mempunyai kesalahan.

Tunjukkan kepada anak-anak bahwa kesalahan adalah pengalaman belajar yang hebat dan mereka tidak perlu malu dengan kesalahan.

Tinggalkan Komentar Anda