Cara Mengajarkan Kebersihan Diri pada Anak-Anak

Merekalah anak-anak yang belum memahami pentingnya kebersihan diri. Karena itu, kita sebagai orang tua perlu sejak dini mengajarkannya. Sulit memang. Namun jika dilakukan dengan kegiatan yang anak-anak suka, akan lain cerita.

ajari anak sikat gigi

Gosok Gigi

Paling sulit mengajari anak-anak menggosok giginya secara rutin. Jika Anda sebagai orang tua sudah habis akal dengan hal yang satu ini, cobalah ajak anak Anda bereksperimen. Ambil sebutir telur lalu rendam dalam cuka. Biarkan beberapa saat hingga cangkang telur melunak. Jelaskan pada anak Anda bahwa jika mereka tidak menggosok gigi secara rutin, gigi mereka akan sama seperti telur dalam cuka tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menyuruh anak Anda melubangi sebuah apel dengan kuku jari mereka. Biarkan apel itu selama satu minggu. Amati perubahan bentuk, warna dan bau dari apel tersebut. Nah, Anda tinggal memberi pemahaman yang sama kepada anak Anda.

ajari anak cuci tangan

Mencuci Tangan

Jika anak Anda termasuk dalam kategori anak yang langsung mengambil makanan tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, coba Anda siapkan sabun cuci tangan yang bisa berubah warna yang beredar di pasaran. Temani mereka ketika . Bila cara ini tidak berhasil, ajak mereka (sekali lagi) bereksperimen. Taburkan glitter pada telapak tangan mereka. Ajak mereka membasuh tangan hingga glitter tersebut menghilang. Jika sudah bersih, berikan pemahaman kepada mereka bahwa glitter tersebut layaknya kuman yang bersarang dalam telapak tangan. Jika tidak dibersihkan, maka glitter anak menempel pada makanan dan menjadi sumber penyakit dalam perut.

ajari anak mandi

Mandi

Membiasakan anak-anak mandi bukan hal yang mudah bagi orang tua. Anak-anak belum memahami pentingnya mandi rutin setiap hari. Jika tidak dibiasakan setiap hari, mereka akan malas dan jarang mandi ketika kelak mereka dewasa! Sebagai orang tua, cobalah membeli sebuah boneka plastik. Biarkan boneka tersebut selama beberapa hari tanpa dibersihkan. Terangkan pada anak bahwa jika boneka tidak dibersihkan setiap hari, debu-debu akan menempel. Hal ini mengakibatkan bau yang tidak sedap. Lalu tanyakan pada anak Anda apakah mereka menyukai bau tersebut. Lalu, coba bersihkan boneka tersebut degan air. Ganti baju boneka tersebut. Jika sudah, beri pemahaman pada anak tentang eksperimen yang baru saja Anda lakukan.

Mulai mengajarkan anak tentang kebersihan diri memang perlu melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan mereka. Jika mereka mengalami, kebiasaan itu akan datang dengan sendirinya.

Tinggalkan Komentar Anda