Barista, Profesi Unik dan Menjanjikan

Barista berasal dari bahasa Italia yang merupakan sebutan bagi para peracik kopi. Dibanding dokter dan insinyur, profesi sebagai barista memang masih terdengar asing bagi kita padahal sebenarnya profesi ini sudah ada sejak dahulu kala.

Untuk menjadi seorang barista, kita tidak memerlukan bakat atau kemampuan khusus. Cukup dengan kemauan dan keingintahuan yang besar kita bisa dilatih untuk menjadi seorang barista yang ulung. Perlu waktu kurang lebih dua minggu bagi para barista baru untuk menguasai teori meracik kopi yang lezat.

Dalam waktu tersebut, barista akan dilatih bagaimana menggiling kopi dengan mesin grinder. Mesin tersebut harus di-setting menyesuaikan kelembapan biji kopi. Tujuannya, agar hasil gilingan sempurna, tidak terlalu kasar dan halus. Tingkat kehalusan gilingan biji kopi sangat mempengaruhi rasa yang dihasilkan. Selanjutnya, barista baru harus dilatih manually tamping (pemadatan manual). Tamping tidak bisa dilakukan sembarangan.

Menurut standard dari Asosiasi Kekhasan Kopi Amerika, pemadatan dilakukan dengan tekanan sebesar 12 kilogram. Jika tidak, kopi yang dihasilkan bisa terlalu encer atau terlalu kental.

Selain itu, seorang barista baru harus memiliki stamina yang prima. Sebabnya, jadwal kerja barista bisa sampai larut malam. Ditambah, pekerjaan barista banyak dilakukan dengan berdiri. Tak heran jika seorang barista baru akan mengalami drop fisik ketika minggu-minggu awal kerja.

Namun begitu, profesi seorang barista bisa member kesempatan kita untuk keliling keluar negeri. Kompetisi-kompetisi meracik kopi yang dihelat beberapa negara bisa diikuti oleh seorang barista untuk menambah kemampuan dan pengalaman.

Nah, tertarik untuk bergabung menjadi seorang barista? Sayangnya di Indonesia belum ada sekolah khusus bagi calon barista. Namun jika Anda benar-benar tertarik, Anda bisa terbang ke UK atau Australia.

Mau?

1 Comment


  1. Seiring dengan menjamurnya bisnis food & beverage di Indonesia, khususnya dalam hal ini adalah coffee shop membuat seorang Barista menjadi rebutan para pebisnis dalam dunia food & beverage. Sebelum lebih jauh, apakah Anda tahu apa Barista itu? Barista adalah seseorang yang menentukan kenikmatan cita rasa dan artistiknya penyajian dalam setiap produk coffee shop. Maka tidak heran kalau seorang Barista dikatakan sebagai posisi kunci untuk keberhasilah sebuah coffee shop / kedai kopi.

    Reply

Tinggalkan Komentar Anda